Jumat, 24 Mei 2013

PANDAN BALI TANAMAN HIAS YANG EKSOTIS

Pandan Bali banyak menjadi incaran banyak pemilik rumah dan pecinta tanaman hias untuk menghias taman mereka.  Penampilan Pandan bali ini cukup unik batangnya bisa besar dan tinggi, bercabang meliuk-liuk indah dan daunnya muncul pada ujung cabang. Pandan bali daunnya halus dan tidak berduri. Harganya pun cukup mahal kalau batangnya besar bisa puluhan juta rupiah.  Tinggi tanaman ini bisa mencapai 6 meter lebih.   Walau Namanya Pandan Bali tetapi tanaman ini bukanlah keluarga pandan.  Nama Ilmiahnya adalah Cordyline australis. Tanaman ini banyak tumbuh liar di Indonesia timur.
Fungsi Pandan Bali sebagai tanaman eksotis tropis antara lain : focal point untuk taman, buffer , penyaring polusi dan debu, estetika, tanaman hias dalam pot di dalam dan luar ruang.  Dari fungsi tersebut dengan menanam pandan bali niscaya halaman rumah anda akan lebih estetis dan asri.
Perawatan Pandan Bali relatif mudah dan tahan di cuaca kering sekalipun.  Penulis banyak melihat pandan bali ini tumbuh liar di semak belukar yang berhawa panas. 
Perbanyakan bisa menggunakan stek batang, jadi relatif mudah untuk diperbanyak.
Untuk membuat Pandan Bali bercabang bisa dilakukan dengan memotong batangnya, kemudian tunas akan muncul pada cabang yang dipotong tadi.  Potongan dibungkus dengan plastik agar tidak busuk saat kena hujan.  Sebaiknya saat memotong cabang, tanaman dalam keadaan sehat.

1 komentar: