Jumat, 28 Juni 2013

DURIAN MERAH DAN EMAS PEMBAWA HOKI

Warna Emas dan Merah jika dilihat dari kacamata masyarakat tionghoa bisa berarti hoki. Nah dua durian langka yang belum banyak dikembangkan ini punya warna merah menyala dan kuning emas yang artinya bisa membawa hoki dan kemakmuran. Negeri kita memang kaya akan keanekaragaman hayati terutama di dunia tumbuhan.  Jika anda belum pernah melihatnya setidaknya bisa dikenal lewat blog ini.

Durian Merah
Durian selama ini kita kenal dengan daging buahnya yang berwarna kuning atau putih saja, jadi kalau ada durian daging berwarna merah mungkin akan terasa aneh dan janggal buat kita yang tidak terbiasa dengan durian merah.  Durian merah ini termasak langka dan sebenarnya memang beda jenis dengan durian biasa yang nama ilmiahnya Durio zibethinus, sedangkan nama ilmiah dari  Durian merah adalah Durio Graviolens.  
Ada beberapa tempat yang punya jenis durian merah diantaranya di Pulau Kalimantan dan Jawa Timur di daerah banyuwangi.  Di kalimantan durian merah disebut durian Sungkang.  Durian merah mempunyai cita punya aroma yang tidak terlalu menyegat dan rasa manis.  Durian Merah dipercaya bisa meningkatkan vitalitas.

Durian Emas 
Kalau durian emas selama ini hanya di jumpai di Pulau Kalimantan, durian ini dikenal dengan naman durian Pekawai yang nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis.
Pekawai atau Lai biasanya punya saat berbuah bersamaan dengan durian lainnya.  Durian unik ini hampir tidak memiliki aroma sehingga cocok bagi mereka yang kurang suka dengan sengatan bau durian.  Berukuran lebih kecil dari durian umumnya, namun pekawai memiliki biji buah yang cukup besar.  Warna daging buah sangat cerah, berwarna kuning tua seperti emas dengan tekstur daging buah yang kenyal dan sedikit berserat.


3 komentar:

  1. Saya tertarik mencoba menanam bibit Durian Merah dan Durian Emas di Pekarangan rumah untuk masing2 satu pohn saja, dimanakan saya bisa mendapatkan bibit tersebut, mohon informasi dan bisa hubungi saya di HP.081.246.086.098 Trimakasih.

    BalasHapus
  2. Durian merah dan emas cuman hasil potoshop...
    sudah banyak artikel tapi sampai saat ini hanya sebatas gambar saja.

    BalasHapus
  3. Ni barusan sy makan duriann emas ,

    BalasHapus