Selasa, 04 Juni 2013

MELIHAT KEBUN PLASMA NUTFAH PISANG DI JOGJA

Anda suka pisang? pisang apa yang anda suka? Mau tahu lebih banyak tentang pisang datang aja ke agrowisata pisang di jogjakarta ini. Disini anda dapat melihat aneka macam pisang yang ada di Indonesia, lumayan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang keanekaragaman hayati negeri kita yang subur ini.

Keberadaan kebun ini dikhususkan untuk wisata pendidikan dan penelitian. Areal seluas 2,5 ha ini berlokasi di bagian selatan kota Yogyakarta tepatnya di desa Malangan, Giwangan Umbulharjo Kota Jogja. Jarak tempuh dari pusat kota kira-kira hanya 8 km.


Kebun Plasma Nutfah Pisang yang dibangun sejak 1988 telah melaksanakan pengumpulan, pemeliharaan, dan penyebarluasan koleksi berbagai jenis pisang. Dengan lahan seluas 19.525 meter persegi, kebun ini telah ada sebanyak 346 varietas pisang tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Sejak 2005, dirintis juga pengembangan kebun di Kebun Tegalrejo khususnya bagi tanaman pisang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. 

Oleh Departemen Pertanian RI, Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta disebut sebagai kebun koleksi pelestarian pisang terlengkap di Indonesia. Oleh sebab itu, sejak 2004 lalu kebun ini dirintis sebagai Pusat Pisang Nasional dengan meningkatkan sarana prasarana pendukungnya.

Hingga kini, sarana dan prasarana yang telah ada di Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta antara lain Kebun Plasma Nutfah Pisang, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Olahan, Rumah Aklimatisasi (tempat adaptasi bibit tanaman), Gedung Promosi, dan SDM.  

Anda dapat melihat berbagai macam varietas pisang yang terdapat dari seluruh Indonesia maupun mancanegara,  seperti  jenis pisang Ambon (Amerika, Taiwan, Australia, Kongo, dan Suriname), pisang Mouli, pisang Ronggolawe, pisang Raja, pisang Raja Bulu, pisang Emas, pisang Kepok, dll. Kebun Plasma Nutfah Pisang yang dibangun sejak 1988 telah melaksanakan pengumpulan, pemeliharaan, dan penyebarluasan koleksi berbagai jenis pisang. Dengan lahan seluas 19.525 meter persegi, kebun ini telah memiliki sebanyak 346 varietas pisang. Sarana dan prasarana yang telah ada di Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta antara lain Kebun Plasma Nutfah Pisang, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Olahan, Rumah Aklimatisasi (tempat adaptasi bibit tanaman), Gedung Promosi, dan Sumber Daya Manusia.

Departemen Pertanian RI menyebutkan bahwa Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta merupakan kebun koleksi pelestarian pisang terlengkap di Indonesia. Oleh sebab itu, sejak 2004 lalu kebun ini dirintis sebagai Pusat Pisang Nasional dengan meningkatkan sarana prasarana pendukungnya. Keberadaan kebun ini dimaksudkan untuk melestarikan, memanfaatkan, dan menyebarluaskan pisang bagi kepentingan yang lebih berdayaguna. Kebun ini juga dapat menjadi wahana preservasi dan konservasi lahan dalam kota. Rekreasi ilmiah juga dapat dilakukan di kebun ini, selain sebagai fasilitas penelitian bagi mahasiswa dan umum yang ingin mengetahui tentang pisang dan tentunya sebagai pendukung bagi pengembangan industri pisang.
Jam Buka Kebun Plasma Nutfah Pisang:
  • Senin-Kamis mulai pukul 07.30-14.00
  • Jumat 07.30-11.00 
  • Sabtu pukul 07.30-12.00
Untuk memasuki kebun ini tidak dipungut biaya dan dibuka setiap hari senin-kamis mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB, hari Jum’at pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB, sedangkan hari sabtu pada dibuka pada pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

CARA MENUJU KE KEBUN PLASMA NUTFAH  PISANG INI :
  1. Trans Jogja jalur 3A, 3B, 4A, dan 4B turun di terminal giwangan
  2. Bus kota jalur 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 10, 11, 12, 14, 15, dan 16 turun di terminal giwangan
Hotel terdekat : Pramesthi Jogja, Hotel Grand Rosela

1 komentar: