Kamis, 06 Maret 2014

AQUAPONIK SISTEM PASANG SURUT UNTUK PEMULA

Jika anda mau mencoba sistem bertani dengan aquaponik, anda bisa memulainya dengan sistem pasang surut yang dilengkapi dengan siphon.  Mengapa harus dengan pasang surut? yaa supaya air bisa merata merendam akar tanaman yang ditanam dalam wadah media, kalau tidak pakai sistem pasang surut air akan langsung mengucur bebas ke kolam ikan tanpa sempat mengairi semua tanaman yang ditanam di media.  Keunggulan sistem akuaponik ini adalah selain sederhana, mudah perawatannya juga jenis tanaman yang bisa ditanam dalam sistem ini sangat banyak jenisnya. Hampir  semua tanaman yang bisa ditanam di tanah bisa di tanam dalam sistem akuaponik ini.

Sistem aquaponik sistem pasang surut ini  punya keunggulan pada ketersediaan oksigen di akar tanaman lebih terjamin sehingga tanaman lebih sehat dan mengurangi resiko busuk akar. Media tanam yang dipakai berupa  kerikil atau media lain yang mirip. Sistem  adalah bentuk paling sederhana dari akuaponik. Sistem ini paling cocok bagi pemula dalam aquaponik.
Selain pompa air, alat pokok yang digunakan dalam aquaponik pasang surut adalah bell siphon yang berfungsi mengendalikan pasang surutnya air dalam wadah media tanam. Siphon ini berfungsi untuk menciptakan efek pasang surut. Cara kerjanya adalah ketika air mencapai ketinggian tertentu alat ini akan menghisap air sampai habis.  Autosiphon yang biasa dipergunakan  yaitu bell siphon, loop siphon dan u siphon.  Akar tanaman terendam air dalam beberapa waktu sebelum dikeringkan kembali, dan ini bisa terjadi berkali-kali dalam satu hari. Dengan sistem ini memberi kesempatan akar tanaman untuk bernafas.  

Karena sistem akuaponik ini menggunakan kerikil sebagai media tanam yang juga berfungsi sebagai biofilter,  sistem ini tidak perlu biofilter yang  terpisah.  

Untuk pemeliharaan ikan air tawar  pada sistem akuaponik dapat menggunakan ikan nila, mujair, ikan mas, ikan koi, lele atau udang galah dan lain-lain.  Ikan bisa dipelihara di dalam kolam,akuarium atau tangki. 

1 komentar:

  1. Menarik. Apakah nutrisi utk tanaman cukup dari ikan saja atau perlu nutrisi tambahan ?

    BalasHapus