Rabu, 12 November 2014

AKUAPONIK SEDERHANA DENGAN METODE RAKIT APUNG


Skema Aquaponik Rakit Apung Sederhana
Akuaponik adalah hidroponik yang dipadukan dengan kolam ikan sebagai sumber nutrisi tanaman.  Aquaponik model rakit ini bisa dibilang  akuaponik yang sederhana dan mudah dibuat.  Rakit apung bisa dibuat dari styrofoam atau baha lain yang bisa mengapung, kemudian dilubang dan ditempatkan pot kecil yang diberi penyangga bisa berupa kapas,kerikil, rockwool atau hydrotron untuk tempat tanaman bertumbuh dan berdiri.

Model Aquaponik Apung ini, seluruh perakaran tanaman nyaris terendam dalam larutan nutrisi yang diberi aerasi dengan pompa udara akuarium + airstone selama 24 jam. Tujuan aerasi adalah menambah pasokan oksigen pada air yang nantinya dimanfaatkan akar tanaman.

Pompa udara bisa diganti dengan powerhead dengan nipple udara, oksigen larut dalam air lebih banyak dibandingkan pompa udara akuarium + airstone. Aquaponik moel rakit apung cocok untuk tanaman yang pertumbuhnya cepat dan suka banyak air seperti selada dan kangkung.

Jenis hidroponik ini cocok untuk pengenalan hidroponik pada anak sekolah, karena mudah dan minim perawatan. Bahan-bahan untuk membangun hidroponik deep water culture sangat mudah ditemui disekitar kita, bisa menggunakan akuarium atau wadah kedap air lainnya sebagai reservoir.

Kelemahan dari sistem ini adalah kurang cocok untuk tanaman berukuran besar dan tanaman yang dibudidaya dalam jangka panjang. 


Lubangi sterofoam  disesuaikan dengan diameter wadah gelas air mineral sehingga waktu dipasang tidak jatuh. Untuk yg memakai media batu kerikil disarankan ketinggian disesuaikan dengan kekuatan rakit yang anda gunakan.   Agar akar tidak dimakan ikan sebaiknya disekeliling rakit diberi jaring supaya ikan tidak masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar