Jumat, 03 Mei 2013

POHON PALEM CANTIK PENGHIAS RUMAH DAN TAMAN

Tanaman dari suku areacaceae alias palem-paleman ini sangat disukai oleh masyarakat sebagai pohon penghias halaman rumah. Daunnya yang cantik dan mudah perawatannya membuat tanaman ini selalu menjadi pilihan saat merancang taman.  Jenisnya pun beraneka ragam dari yang kecil sampai yang besar.  Ada yang cocok ditanam di dalam pot sampai penghias keindahan lingkungan dan kota.
Berikut ini beberapa jenis palem yang cocok ditanam di halaman rumah dan penghias rumah anda.



1. Palem Merah 
Palem Merah (Cyrtostachys renda) ini sangat cantik dan keunikan utamanya pada pelepah yang berwarna merah menyala.  Pelem merah adalah flora maskot provinsi Jambi. Dinamakan sering juga disebut  dengan Pinang Lipstik. Karena banyak diburu, Palem ini pun termasuk salah satu dari 14 jenis palem yang dilindungi di Indonesia. Nama lain dalam bahasa inggris adalah Lipstick Palm, Scarlet Palm, Sealing Wax Palm, Red Palm, dan Sumatra Wax Palm.
Palem merah ini pohonnya tidak terlalu besar dan tumbuh bergerombol, sangat cocok ditanama bila lahan untuk taman rumah anda agak sempit.

2. Palem Ekor Tupai
Palem ekor tupai ini punya penampilandaun mirip ekor tupai yang cantik.  Palem ini sangat digemari dan banyak dicari penggemar tanaman hias. Bentuknya yang menjulang tinggi mampu meneduhkan rumah bila ditanam berderet. Dari berbagai jenis tanaman palem, jenis palem ekor tupai paling sulit ditemukan, sehingga harganya cukup mahal. Palem Ekor Tupai punya nama ilmiah  Wodyetia bifurcata  ini oleh sebagian orang diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan.

 3. Palem Botol
Pelem ini nama ilmiahnya adalah Hyophorbe lagenicaulis, dikenal umum sebagai palem botol, Bottle Palm or Palmiste Gargoulette, adalah anggota palem yang biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Asalnya dari Mauritius, tepatnya di Round Island.
4. Palem Putri

Palem putri memiliki bentuk tubuh seperti palem raja hanya saja lebih kecil (sehingga disebut palem putri). Palem ini menunjukkan kecantikkannya ketika sudah memiliki buah layaknya putri raja memerkan perhiasannya.


5.  Palem Raja

Palem Raja aslinya berasal dari daerah Karibia dan Amerika tropika. Nama ilmiahnya adalah Roystonea reria,  untuk menghormati seorang insinyur yang bekerja di kemiliteran AS, Roy Stone. Karena pohonnya yang besar palem ini banyak ditanam di pinggir jalan atau di taman-taman kota, atau taman rumah dan kantor yang punya lahan luas.

6. Palem Kuning
Mungkin Palem Kuning adalah tanaman hias yang paling banyak dipeliharan oleh masyarakat kita, biasanya ditanam dalam pot. Palem Kuning  ini berasal dari Madagaskar namun di tempat asalnya sekarang terancam.Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai 6 meter, meskipun biasanya di pekarangan hanya setinggi 3m karena alasan keindahan. Seperti palem lainnya, daun tersusun majemuk, menyirip. Warna helai daun hijau terang, cenderung kekuningan (sehingga disebut palem kuning). Daun ini memiliki pelepah daun yang cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Jumlah anak daun sekitar 80 hingga 100 lembar.

7 komentar:

  1. mengapa ya palem banyak dicuekin padahal indah dan perlu dilestarikan

    BalasHapus
  2. Palem juga bisa sebagai hiasan dalam ruangan

    BalasHapus
  3. Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com

    Arya Flower
    Salam sukses

    BalasHapus
  4. Saya butuh biji bua palem putri danlain lain Hara di itung per kg 0811990502

    BalasHapus
  5. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus