Sabtu, 11 Januari 2014

CARA MEMBUAT SENDIRI WINE JAHE

Jahe sudah lama digunakan sebagai minuman yang berkhasiat, dan caranya pun sangat mudah, rimpang jahe di tumbuk lalu diseduh dengan air panas tambah gula dan siap diminum. Saat ini dipasaran sudah ada yang namanya Ginger Wine alias "anggur jahe", kalau di Indonesia wine diterjemahkan sebagai anggur minuman.  Berhubung Jahe tidak ada kadar gulanya maka ditambahkan gula pasir untuk proses fermentasinya.
 Cara Membuat wine jahe
Untuk membuat wine jahe yang enak dan segar, terlebih dahulu disiapkan bahan-bahan, yakni rimpang jahe segar berusia 4-6 bulan, gula pasir, asam sitrat, nutrisi dan air bersih secukupnya. Sebelum membuat wine, siapkan starter yang berfungsi sebagai media pertumbuhan khamir dalam proses peragian (fermentasi) dari jahe untuk dijadikan wine.
Sari jahe dibuat dengan perbandingan air dan rimpang satu banding satu. Tambahkan 5% gula pasir dari dari jahe, masukkan dalam botol dan sterilken pada suhu 121 derajad Celsius selama 15 menit. Bila sudah dingin, botol tadi disimpan pada suha ruang selama 24 Jam. Setelah masa inkubasi dalam ruang sudah lewet, stater ini siap digunakan sebagai pencampur dari jahe untuk pambuatan .wine jahe dengan proses fermentasi.
Selesai proses pembuatan starter, maka pembuatan wine yang sebenarnya dimulai. Rimpang jahe yang telah disiapkan dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Setelah dipotong dadu dan ditambah air sebanyak 3x berat jahe, panaskan 80-90 derajad selama 15 menit, kemudian angkat.
Bila sudah dingin, rebusan rimpang diblender hingga hancur agar mudah disaring dengan kain bersih. Tambahkan gula pasir sebanyak 3x dari volume dari jahea dan sedikit nutrisi agar terjadi keharmonisan rasa, jangan lupa menambahkan sedikit asam aitrat, baru kemudian dimasukkan ke botol. Seleasi itu, lakukan sterilisasi pada suhu 121 derajat Celsius selama 15 menit, angkat Ialu dinginkan.
Larutan yang sudah dingin ini kemudian dicampur dengan stater yang telah disiapkan sebelumnya. Tujuannya untuk merombak gula menjadi alkohol. Lakukan proses peragian ini pada suhu kamar selama 15 hari atau sampai gelembung karbondioksida (CO2) habis. Wine Jahe anda siap dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar