Kamis, 16 Januari 2014

NANGKADAK NANGKA UNGGUL HASIL SILANGAN CEMPEDAK DAN NANGKA

Nangkadak, sekilas nama buah ini terdengar lucu, namun buah Nangka satu ini termasuk nangka unggul. Nangkadak adalah hasil rekayasa yang dilakukan para Ahli Pemuliaan Tanaman dari Taman Wisata Mekarsari melakukan perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dan cempedak (Artocarpus integer Merr) pada tahun 2000. Dari hasil penelitian intensif selama tiga tahun, mereka menemukan tiga varietas unggul baru yaitu, nangkadak, cempeka dan pedakka.

Dimana tumbuhan ini masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, secara umum sosok tanaman dan tipe buah dari silangan ini lebih mengarah kepada cempedak, tetapi ukuran buah yang dihasilkan serta kualitas buahnya jauh lebih unggul dan berbeda dari induk aslinya. Bentuk buah nangkadak berbentuk silindris dan berkesan padat, aroma ketika buah matang terasa sangat lembut, tidak setajam cempedak, tapi lebih mengarah pada aroma nangka.  Nangkadak memiliki tekstur daging buah lembut dan dami buah tidak lengket karena getah yang dihasilkan sedikit

Keunggulan lainnya dari buah ini adalah rasanya yang sangat manis dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Buah yang dihasilkan pada musim hujan pun tetap manis, tidak seperti nangka maupun varietas cempedak lainnya yang sedikit berkurang rasa manisnya, bahkan terasa hambar jika berbuah di musim penghujan.

Pohon nangka pada umumnya yang ketinggiannya dapat mencapai 6 sampai 8 Meter untuk menghasilkan buah, keunggulan Nangkadak adalah pada tinggi 2 Meter sudah dapat menghasilkan buah yang sangat lebat..Selain lebih manis, buah ini muncul sepanjang tahun, dan dapat mulai dipanen setelah berumur 2 tahun. Padahal, pada umumnya, nangka baru berbuah pada usia 6 tahun. Pohon nangkadak  setelah berumur 2 tahun sudah bisa menghasilkan antara 30 hingga 50 buah.   Pohon Nangkadak ini sangat cocok ditanam di lahan pekarangan sempit karena ukuran pohonnya tidak terlalu besar. Dan pastinya taman atau pekarangan anda bisa lebih produktif.
Buah Nangkadak berukuran lebih kecil dibanding varietas lainnya, tapi nangkadak lebih cepat berbuah.  Satu buah nangkadak memiliki berat antara 2 kilogram (kg) hingga 3 kg. Dagingnya juga tidak lengket karena getah yang menempel sangat sedikit. Selain itu, daging buahnya berwarna kuning terang, sehingga menjadi pemikat untuk menyantapnya. Rasa buahnya, tentu saja sangat manis. Keunggulan lain buah ini adalah rasanya tidak terpengaruh kondisi cuaca. Buah nangkadak yang dipanen pada musim hujan pun tetap manis. Tidak seperti nangka atau varietas cempedak lain, yang rasa manisnya akan berkurang jika dipanen di musim penghujan. 

Keunggulan Buah Nangkadak :

    Aroma buah lembut, tidak terlalu kuat.
    Daging buah tebal & berwarna menarik (kuning orange).
    Rasa mendekati nangka dengan tingkat kemanisan tinggi (30° brix).
    Tekstur daging buah lembut tanpa serat. Ukuran buah sedang (3 – 5 kg).
    Tanaman memiliki sosok & tajuk yang kompak, pendek & rimbun.
    Tanaman berumur genjah (2 – 3 tahun). Produktivitas buah cukup tinggi (30 – 50 bh/phn/panen).
    Buah unik karena merupakan perpaduan nangka dengan cempedak.
Selamat menanam Pohon Nangkadak di pekarangan anda.

10 komentar:

  1. saya mempunyai satu pohon nangkadak yang berbuah lebat, akan tetapi dalam buahnya jika dibelah hanya ada satu atau bahkan sama sekali tidak ada juring(jawa) dagingnya, apa memang seperti ini atau pohon saya kena penyakit?
    terimakasih.

    BalasHapus
  2. Apa semua buah nangkadak yang berbuah lebat kualitas buah atau dagingnya menurun ya?? sepertinya tidak begitu...
    mungkin saudara @ahmad fauzi buahnya memang terserang hama penyakit..

    bibit jeruk,kelengkeng,durian dll

    BalasHapus
  3. isinya banyak yg kosong, katanya perlu dibantu penyerbukanya

    BalasHapus
  4. isinya banyak yg kosong, katanya perlu dibantu penyerbukanya

    BalasHapus
  5. iya pnya saya ada satu btng, buah nya lebat tetapi isi nya sedikit, apa bibit nya yg kurang berkwalitas?

    BalasHapus
  6. iya pnya saya ada satu btng, buah nya lebat tetapi isi nya sedikit, apa bibit nya yg kurang berkwalitas?

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara membantu penyerbukannya ya

    BalasHapus
  8. udah 3 thn , tinggi 6 mtr, belum berbuah.
    nangkadak apa nangkadal....?

    BalasHapus
  9. udah 3 thn , tinggi 6 mtr, belum berbuah.
    nangkadak apa nangkadal....?

    BalasHapus