Senin, 15 Juli 2013

CARA BUDIDAYA CABAI SETAN Bhut Jolokia

Cabai Setan Bhut Jolokia dan Cabai setan varietas Trinidad Scorpion sangat cocok dibudidayakan di Indonesia karena pada dasarnya cabai adalah tanaman tropis. Sebenarnya cara tanam cabe sama saja dengan budidaya cabe pada umumnya seperti cabe rawit. Hal yang membedakan dalam bertanam varietas cabai setan adalah umur yang lebih lama dan buah cabai yang lebih besar.
Secara umum untuk cabai setan :
- Waktu berkecambah 4 hari sampai 4 minggu
- Panen pertama saat umur 3 sampai 6 bulan

Persiapan
Siapkan media tanam yang berasal dari tanah yang dicampur kompos/pupuk kandang, bisa juga dicampur cocopeat dan atau sekam dan atau sekam bakar. Perbandingannya terserah, yang penting kompos/pupuk kandang merupakan separuh dari komposisi total. Usahakan media tanam steril, cara mensterilkan yaitu dipanaskan sampai suhu minimal 100 derajat Celcius.
Wadah yang digunakan bisa plug tray/seedling tray/tray semai ataupun polybag ataupun pot atau terserah apapun wadahnya. Sebaiknya waktu menyemai tidak menggunakan wadah yang besar agar pengaturan air lebih mudah.
Sebelum disemai, sebaiknya benih cabe direndam semalam dengan air yang dicampur pupuk organik cair agar benih bisa lebih cepat tumbuh.
Penyemaian
Penyemaian dilakukan dengan cara membuat lubang kecil sedalam 1 cm pada media lalu menaruh benih di dalam lubang tersebut lalu menutupnya dengan media tanam. Bisa juga dilakukan dengan cara meletakkan begitu saja di atas media lalu tutup dengan media setinggi setengah cm.
Letakkan persemaian di tempat teduh. Jaga kelembaban media tapi jangan sampai becek. Suhu yang ideal agar tingkat keberhasilan bertunas tinggi adalah 25-30 derajat celcius.
Pindah Tanam
Pindahkan ke tempat yang terang yang mendapat sinar matahari banyak saat sudah muncul empat daun. Pemindahan tersebut bisa juga sekalian memindah ke lapangan (tanpa wadah). Jika dipindah ke lapangan sebaiknya menggunakan jarak tanam 30 x 30 cm atau lebih.
Apabila tidak ingin dipindah ke lapangan, sesuaikan besar wadah dengan besar tanaman, jika wadah memang sudah tidak cukup menampung tanaman tersebut maka harus dipindah ke wadah yang lebih besar.
Perawatan
Yang perlu diperhatikan adalah kecukupan Nutrisi dan kecukupan Air. Tapi jangan sampai becek karena cabe tidak suka becek.

1 komentar:

  1. hati hati saat mengambil buahnya agar tangan tidak kepanasan

    BalasHapus