Minggu, 14 Juli 2013

BUDIDAYA KANGKUNG CABUT DI LAHAN TERBATAS

Kangkung merupakan tanaman sayuran yang mudah ditanam sendiri dan tidak banyak perawatan yang bisa anda usahakan sendiri di rumah.  Apalagi anda punya pekarangan di rumah, daripada nganggur bisa dipake untuk berkebun ala kadarnya sekalian untuk mengisi kesibukan dirumah dan kebutuhan sayuran dirumah anda dengan budidaya kangkungf cabut.
Pengolahan Tanah
Untuk persiapan, siapkan cangkul dan bolak-balik tanah memakai cangkul  sedalam 30cm seluas lahan yang anda punya supaya tanah menjadi gembur dan tidak keras.  tanah yang sudah selesai dicangkul diberi pupuk kandang dan kapur pertanian, supaya tanah tidak masam unsur haranya dan membuat tanah menjadi lebih subur .  Setelah itu bikin guludan atau bedengan yang lebarnya kira-kira 1 x 4 m setinggi 40cm .  

Setelah dibuat bedengan tanah dibiarkan selama sehari atau tiga hari, dengan tujuan memberi waktu pada tanah untuk memperbaiki unsur-unsur yang ada didalamnya.   Setelah mulai menanam kangkung cabut dengan jarak tanam kearah memanjang 10cm atau lebih rapat lagi 5cm.  Dan jarak tanam arah melebar 20cm, pada setiap lubang tanam dapat diisi dengan 5 biji kangkung itu sudah cukup rapat apabila biji kangkung itu tumbuh subur .

Pada usia 3 – 5 hari sejak biji kangkung itu ditanam kedalam tanah maka mulailah bermunculan tunas-tunas kecambah kangkung dan dari sini dapat anda hitung untuk waktu panennya kira-kira pohon kangkung itu sudah berumur 35 – 40 hari dan selama itu pula anda harus rajin menyiram kecambah kangkung itu dipagi hari dan sore hari.
Memupuknya anda cukup dengan pupuk cair saja yang dapat dicampur dengan air dan langsung disiramkan ketanah diarea lahan kangkung, pemupukan cukup dilakukan 1-2 kali saja sedangkan hama yang suka mengganggu petani kangkung adalah ulat daun, kepik dan hewan ternak .

Bila kangkung sudah mencapai umur 35-40 hari anda dapat memanennya dengan cara dicabut bersama dengan akar-akarnya, dari hasil panen tersebut terserah anda mau dikonsumsi sendiri atau dijual kepasar atau tetangga anda disekitarnya .

Apabila anda ingin menjualnya kangkung-kangkung itu diikat terlebih dahulu dengan tali plastik atau dengan karet gelang yang banyak dijual ditoko-toko dekat rumah anda .
Dalam satu ikatan yang biasa dijual kepasar-pasar itu berisi sekitar 15-17 batang kangkung, soal harga saya tidak bisa menentukan karena harga pasar sangat fluktuatif, susah untuk diprediksi kalau kita tidak merisetnya sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar