Kamis, 07 Maret 2013

Buah Pare Belut/Pare Ular Untuk Sabun Mandi

Buah Pare Belut
Pare Belut alias Pare Ular adalah jenis sayuran yang mungkin tidak seterkenal saudaranya pare kisut. Pare ini rasanya tidak pahit namun tawar seperti labu.  Disebut pare belut / ular karena bentuk buahnya unik memanjang seperti belut panjangnya antara 30 -110 cm dan berdiameter 4-8 cm. Tanaman ini  nama ilmiahnya adalah Trichosanthus cucumerina var anguina L.

Tanaman pare ini termasuk dalam keluarga atau family Cucurbitaceae atau keluarga mentimun dan labu.  Untuk menanam pare belut tidak susah, karena tanaman ini sangat mudah tumbuh dimana saja, tapi saat ini mungkin bibitnya langka dijumpai di pasaran.  Seperti menanam pare, kita harus menyediakan para-para agar buahnya yang menjuntai ke bawah bisa dengan mudah dipetik.  Satu lagi yang unik, agar buah pare ular bisa lurus, pada saat buah masih pentil harus dikasih tali pemberat.   Dulu saat saya masih kecil suka sekali memberi pemberat buah pare dengan batu yang saya ikat dengan tali rafia.     Buah yang unik bisa sampai enam meter panjangnya lho...

Banyak bagian tanaman ini digunakan termasuk biji, buah dan akar. Buah pare belut bisa dipakai obat cacing, dan pencahar. Pare Ular juga digunakan sebagai afrodisiak, pencahar, dan untuk mengobati cacing. Penggunaan lain yang menarik untuk Parea Ular  adalah buahnya dapat digunakan sebagai pengganti sabun.

2 komentar: