Sabtu, 29 Juni 2013

BUAH TANGAN BUDDHA, JERUK YANG MIRIP TANGAN MANUSIA PENGHARUM RUANGAN ALAMI

Buah Tangan Budha ini bentuknya sangat unik, mirip sekali dengan tangan manusia.  Sebenarnya buah tangan budha termasuk dalam tanaman jeruk-jerukan.  Nama ilmiah dari buah tangan budha adalah Citrus medica var sarcodactylis, sedang nama pasar adalah fingered citron, jika  dilihat dari namanya pastinya manfaat dari jeruk aneh ini adalah untuk obat.  

Karena bentuk buahnya yang super aneh ini tidak salah jika anda gunakan juga sebagai tanaman hias yang pastinya akan menarik perhatian orang-orang yang datang ke rumah anda. 
Bentuk yang mirip tangan tadi sebenarnya adalah penonjolan dari kulit buah yang tebal dan berbenjol-benjol kemudian memanjang menjadi sebuah bentuk yang menyerupai tangan. 

Habitus dari Pohon Tangan Buddha berupa perdu yang tidak terlalu tingi. Batangnya memiliki banyak duri seperti halnya pohon jeruk. Daunnya besar berwarna hijau muda. Bunganya berwarna putih, harum baunya. Buah Tangan buddha hampir tidak memiliki daging buah. Bijinya juga kadang tidak ada. Hampir keseluruhan isinya hanya berupa kulit. Kulit ini banyak mengandung minyak atsiri sehingga baunya sangat tajam. Banyaknya kandungan atsiri juga membuat buah ini getir rasanya.
Buah tangan buddha banyak manfaatnya: Kulit buah ini bisa dipotong lalu diiris, bisa digunakan sebagai pengharum ruangan atau pengharum pakaian, Jika irisan buah itu dikeringkan, bisa menjadi bahan ramuan obat, Bisa pula dijadikan manisan untuk hiasan kue. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar